Sabtu, 15 Oktober 2011

TUGAS PTI_O2 (dosen Chayadi Okto)


Pengertian Database Relation, Database Multidimensional, Data Mining, Data Warehouse, OLTP, ELT
1.         Relationship  database  adalah  sekumpulan  data  yang  dapat  dibuat  diantara  dua  colume  di  dalam  kedua  tabel.

2.         Multi-dimensional database merupakan suatu cara yang digunakan untuk melakukan analisa data guna mendukung keputusan.
Teknologinya di dukung dengan menggunakan metoda OLAP yang dapat dirancang dengan cara khusus. Multi-dimensi data mempunyai konsep Dimensi, Hirarki, Level, dan anggota yang merupakan suatu cube atau kubus yang mempunyai hubungan struktur diantaranya.

3.         Data mining adalah suatu proses ekstraksi informasi berguna dan
potensial dari sekumpulan data yang terdapat secara implisit dalam suatu basis data. Banyak istilah lain dari data mining yang dikenal luas seperti knowledge mining from databases, knowledge extraction, data archeology, data dredging, data analysis dan lain sebagainya.

4.         Data warehouse adalah koleksi data yang mempunyai sifat berorientasi subjek,terintegrasi,time-variant, dan bersifat tetap dari koleksi data dalam mendukung proses pengambilan keputusan management.

5.         OLAP adalah 'On-Line Analytical Processing'. Saat ini OLAP lebih sering terdengar dengan istilah BI (Business Intelligent). Adalah suatu cara untuk menganalisa data-data perusahaan dengan begitu mudah yaitu dengan cara 'Drag dan Drop', sehingga data-data tersebut bisa menjadi suatu informasi yang lebih bernilai.

6.         ETL singkatan ekstrak, transform, dan load. ETL adalah perangkat lunak yang memungkinkan perusahaan untuk mengkonsolidasikan data yang berbeda mereka sementara bergerak dari tempat ke tempat, dan itu tidak terlalu penting bahwa data yang dalam berbagai bentuk atau format. Data dapat berasal dari sumber manapun. ETL adalah cukup kuat untuk menangani perbedaan data tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar