Resume MSDM_Pert 4 & 5
Nama : Sara Zetira Irawan
NIM : 114101010057
( kls: P2)
Dosen : Sri Suhandiah, S.S., M.M.
(Pert 4)
Rekruitmen dan Seleksi
Rekruitmen adalah serangkaian aktivitas mencari dan memikat
pelamar kerja dengan kemampuan, keahlian, dan pengetahuan yang diperlukan guna
memenuhi kebutuhan tenaga kerja.
· Sumber
rekruitmen ada dua, yaitu :
1. Sumber
Eksternal
Bila perekruitan internal
gagal memperoleh karyawan yang sesuai dengan kebutuhan keuangan, ada peluang
untung mendapatkan calon yang berpotensi, dapat transfer pengatahuan baru bagi
pekerja lama, serta tercipatanya nuansa dan iklim kerja baru dalam pekerjaan.
2. Sumber
Internal
Bila ada lowongan baru
peusahaan akan mempertimbangkan karyawan terlebih dahulu. Keuntungan, dapat
menekan biaya dan meningkatkan semangat kerja.
Seleksi
adalah usaha pertama yang harus dilakukan
perusahaan untuk memperoleh karyawan yang tepat dan kompeten yang akan
menjabat serta mengerjakan pekerjaan pada suatu perusahaan.
Tujuan
dari seleksi di suatu perusahaan, yaitu :
- Perusahaan
dapat mengetahui dan memilih calon karyawan yang tepat
- Karyawan
yang qualified dan potensial
- Karyawan
yang inovatif dan bertanggung jawab terhadap pekerjaan
4.
Dengan
menyeleksi, perusahaan dapat menetukan karyawan yang sesuai dengan pekerjaannya
dan dengan cara ini dapat mempengaruhi
produktivitas suatu perusahaan.
5.
Karyawan
yang jujur dan berdisiplin
Kendala-kendala
dalam seleksi,
yaitu :
1. Tolak ukur
Kendalanya adalah kesulitan untuk menentukan standar tolak ukur yang
akan digunakan mengukur kualifikasi selektif secara objektif.
2. Penyeleksi
Kendalanya adalah kesulitan mendapatkan penyeleksi
yang benar-benar qualified, jujur dan objektif pernilainya.
3. Pelamar
Kendalanya adalah kesulitan untuk mendapatkan jawaban
yang jujur dari pelamar. Untuk mengurangi kendala-kendala ini, perlu dilakukan
kebijaksanaan seleksi secara bertingkat, karena semakin banyak tingkatan
seleksi yang dilakukan semakin cermat dan teliti penerimaan karyawan.
Tingkat-tingkat seleksi yang dilakukan oleh perusahaan ada 3, yaitu :
1.
Seleksi
tingkat pertama
è
meliputi
semua prosedur seleksi sejak dari surat lamaran sampai dengan pelamar
dinyatakan diterima.
2. Seleksi tingkat
kedua
è dilakukan pada
calon karyawan yang status masa percobaan. Seleksi tingkat kedua lamanya ada
yang 3 bulan, 6 bulan atau setahun.
3. Seleksi
tingkat ketiga
è seleksi yang
dilakukan dengan mengikuti prajabatan atau latihan, mereka akan dipromisikan
dan diangkat menjadi karyawan tetap serta haknya akan diterima sepenuhnya.
Ada dua cara dalam melakukan penyeleksian, yaitu :
1. Non-ilmiah
Seleksi yang
dilaksanakan tidak berdasarkan kepada kriteria, standart, atau spesifikasi
kebutuhan nyata pekerjaan atau jabatan, tetapi hanya didasarkan kepada
perkiraan dan pengalaman saja. Seleksi non-ilmiah sering dilaksanakan di negara
sedang berkembang, karena umumnya belum melaksanakan manajemen professional.
2. ilmiah
Seleksi
ini didasarkan kepada job specification dan kebutuhan nyata jabatan yang diisi
serta berpedoman kepada kriteria dan standart-standart tertentu.
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
(Pert
5)
Pelatihan dan Pengembangan
Pelatihan
dan pengembangan merupakan istilah-istilah yang berhubungan dengan usaha-usaha
berencana, yang diselenggarakan untuk mencapai penguasaan skill, pengetahuan,
dan sikap-sikap pegawai atau anggota organisasi.
ORIENTASI
KARYAWAN = suatu prosedur untuk memberikan para karyawan baru informasi
mendasar mengenai latar belakang perusahaan
·
Pelatihan
adalah proses peningkatan kemampuan
spesifik karyawan untuk membantu mencapai tujuan organisasi.
·
Pengembangan
adalah usaha-usaha untuk meningkatkan kemampuan karyawan untuk menghadapi berbagai
penugasan di masa yang akan datang.
Pengembangan
lebih difokuskan pada peningkatan kemampuan dalam pengambilan keputusandan
memperluas hubungan manusia (human relation) bagi manajemen tingkat atas
danmanajemen tingkat menengah sedangkan pelatihan dimaksudkan untuk pegawai
pada tingkat bawah (pelaksana).
Tujuan
Pengembangan dan Pelatihan, yaitu :
1. Latihan
dan pengembangan dilakukan untuk menutup `gap´antara kecakapan ataukemampuan
karyawan dengan permintaan jabatan.
2. Program-program
tersebut diharapkan dapat meningkatkan efisien dan efektivitas kerjakaryawan
dalam mencapai sasaran kerja yang telah ditetapkan. Meskipun usaha-usaha
inimemakan waktu dan mahal,akan tetapi mengurangi tenaga kerja dan membuat
karyawanmenjadi produktif.
3. Memperbaiki
efektifitas kerja untuk mencapai hasil‐hasil
kerja yang telah ditetapkan.
Langkah-langkah Pelaksanaan Pelatihan,
yaitu :
1. Menganalisis kebutuhan pelatihan
organisasi, yang sering disebut need analysis atau need assessment.
2. Menentukan sasaran dan materi
program pelatihan.
3. Menentukan metode pelatihan dan
prinsipprinsip belajar yang digunakan.
4. Mengevaluasi
program.
Pemilihan Metode Pelatihan,
yaitu :
1. On the job training, yaitu
dilakukan pada waktu jam kerja berlangsung, baik secara formal maupun informal.
2. Off the job training, yaitu
pelatihan dan pengembangan yang dilakukan secara khusus di luar pekerjaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar