Selasa, 30 Oktober 2012

Rekruitmen dan Seleksi & Pelatihan dan Pengembagan


Resume MSDM_Pert 4 & 5

Nama    : Sara Zetira Irawan
NIM     : 114101010057  ( kls: P2)
        (Pert 4)
Rekruitmen dan Seleksi
Rekruitmen adalah serangkaian aktivitas mencari dan memikat pelamar kerja dengan kemampuan, keahlian, dan pengetahuan yang diperlukan guna memenuhi kebutuhan tenaga kerja.
·  Sumber rekruitmen ada dua, yaitu :
1.      Sumber Eksternal
Bila perekruitan internal gagal memperoleh karyawan yang sesuai dengan kebutuhan keuangan, ada peluang untung mendapatkan calon yang berpotensi, dapat transfer pengatahuan baru bagi pekerja lama, serta tercipatanya nuansa dan iklim kerja baru dalam pekerjaan.
2.      Sumber Internal
Bila ada lowongan baru peusahaan akan mempertimbangkan karyawan terlebih dahulu. Keuntungan, dapat menekan biaya dan meningkatkan semangat kerja.
Seleksi adalah usaha pertama yang harus dilakukan  perusahaan untuk memperoleh karyawan yang tepat dan kompeten yang akan menjabat serta mengerjakan pekerjaan pada suatu perusahaan.
Tujuan dari seleksi di suatu perusahaan, yaitu :
  1. Perusahaan dapat mengetahui dan memilih calon karyawan yang tepat
  2. Karyawan yang qualified dan potensial
  3. Karyawan yang inovatif dan bertanggung jawab terhadap pekerjaan
4.      Dengan menyeleksi, perusahaan dapat menetukan karyawan yang sesuai dengan pekerjaannya dan dengan cara ini dapat mempengaruhi  produktivitas suatu perusahaan.
5.      Karyawan yang jujur dan berdisiplin
Kendala-kendala dalam seleksi, yaitu :
1. Tolak ukur
Kendalanya adalah kesulitan untuk menentukan standar tolak ukur yang akan digunakan mengukur kualifikasi selektif secara objektif.
2. Penyeleksi
Kendalanya adalah kesulitan mendapatkan penyeleksi yang benar-benar qualified, jujur dan objektif pernilainya.
3. Pelamar
Kendalanya adalah kesulitan untuk mendapatkan jawaban yang jujur dari pelamar. Untuk mengurangi kendala-kendala ini, perlu dilakukan kebijaksanaan seleksi secara bertingkat, karena semakin banyak tingkatan seleksi yang dilakukan semakin cermat dan teliti penerimaan karyawan.
Tingkat-tingkat seleksi yang dilakukan oleh perusahaan ada 3, yaitu :
1.      Seleksi tingkat pertama
è meliputi semua prosedur seleksi sejak dari surat lamaran sampai dengan pelamar dinyatakan diterima.
2. Seleksi tingkat kedua
è dilakukan pada calon karyawan yang status masa percobaan. Seleksi tingkat kedua lamanya ada yang 3 bulan, 6 bulan atau setahun.
3. Seleksi tingkat ketiga
è seleksi yang dilakukan dengan mengikuti prajabatan atau latihan, mereka akan dipromisikan dan diangkat menjadi karyawan tetap serta haknya akan diterima sepenuhnya.

Ada dua cara dalam melakukan penyeleksian, yaitu :
1. Non-ilmiah
Seleksi yang dilaksanakan tidak berdasarkan kepada kriteria, standart, atau spesifikasi kebutuhan nyata pekerjaan atau jabatan, tetapi hanya didasarkan kepada perkiraan dan pengalaman saja. Seleksi non-ilmiah sering dilaksanakan di negara sedang berkembang, karena umumnya belum melaksanakan manajemen professional.
2. ilmiah
Seleksi ini didasarkan kepada job specification dan kebutuhan nyata jabatan yang diisi serta berpedoman kepada kriteria dan standart-standart tertentu.
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
(Pert 5)
Pelatihan dan Pengembangan
Pelatihan dan pengembangan merupakan istilah-istilah yang berhubungan dengan usaha-usaha berencana, yang diselenggarakan untuk mencapai penguasaan skill, pengetahuan, dan sikap-sikap pegawai atau anggota organisasi.
ORIENTASI KARYAWAN = suatu prosedur untuk memberikan para karyawan baru informasi mendasar mengenai latar belakang perusahaan
·         Pelatihan adalah proses peningkatan  kemampuan spesifik karyawan untuk membantu mencapai tujuan organisasi.
·         Pengembangan adalah usaha-usaha untuk meningkatkan kemampuan karyawan untuk menghadapi berbagai penugasan di masa yang akan datang.
Pengembangan lebih difokuskan pada peningkatan kemampuan dalam pengambilan keputusandan memperluas hubungan manusia (human relation) bagi manajemen tingkat atas danmanajemen tingkat menengah sedangkan pelatihan dimaksudkan untuk pegawai pada tingkat bawah (pelaksana).
Tujuan Pengembangan dan Pelatihan, yaitu :
1.      Latihan dan pengembangan dilakukan untuk menutup `gap´antara kecakapan ataukemampuan karyawan dengan permintaan jabatan.
2.      Program-program tersebut diharapkan dapat meningkatkan efisien dan efektivitas kerjakaryawan dalam mencapai sasaran kerja yang telah ditetapkan. Meskipun usaha-usaha inimemakan waktu dan mahal,akan tetapi mengurangi tenaga kerja dan membuat karyawanmenjadi produktif.
3.      Memperbaiki efektifitas kerja untuk mencapai hasilhasil kerja yang telah ditetapkan.
Langkah-langkah Pelaksanaan Pelatihan, yaitu :
1. Menganalisis kebutuhan pelatihan organisasi, yang sering disebut need analysis atau need assessment.
2. Menentukan sasaran dan materi program pelatihan.
3. Menentukan metode pelatihan dan prinsipprinsip belajar yang digunakan.
4. Mengevaluasi program.
Pemilihan Metode Pelatihan, yaitu :
1. On the job training, yaitu dilakukan pada waktu jam kerja berlangsung, baik secara formal maupun informal.
2. Off the job training, yaitu pelatihan dan pengembangan yang dilakukan secara khusus di luar pekerjaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar