Senin, 24 Desember 2012

Human Resources Information System


(Resume MSDM Pert 11)
Nama  : Sara Zetira I.
Nim    : 11.41010.0057 (kls : P2)
Human Resources Information System
( Human Resources Information System / HRIS ) atau Sumber Daya Manusia Sistem Informasi adalah perangkat lunak atau solusi online untuk entri data, data pelacakan, dan informasi data kebutuhan Sumber Daya Manusia, penggajian, manajemen, dan fungsi akuntansi dalam bisnis. Sebuah HRIS yang efektif memberikan informasi tentang apa saja yang diperlukan oleh perusahaan untuk melacak dan menganalisis tentang karyawan, mantan karyawan maupun pemohon/pelamar.
à HRIS dirancang untuk mendukung :
(1) perencanaan kebutuhan sumber daya manusia,
(2) pengembangan karyawan,
(3) mengendalikan semua kebijakan dan program sumber daya manusia.

Tujuan HRIS :
1. Memudahkan pihak pengolah data manajemen untuk lebih mengenali pegawai dalam perusahaan.
2. Memudahkan pimpinan untuk mengetahui secara lebih detail, jelas dan cepat tentang data-data pegawainya dan berbagai informasi penting yang berkaitan dengan pegawai tersebut.
3. Memudahkan pimpinan untuk merencanakan rekrutmen dan seleksi calon pegawai sehingga akan tersaring pegawai yang benar-benar potensial dan berkualitas. Selain itu, software ini juga dirancang sedemikian rupa untuk dapat mengakomodir kebijakan-kebijakan pimpinan dalam proses rekrutmen dan seleksi.
4. Memudahkan pimpinan untuk mengetahui sebaran dan komposisi personel pada elemen-elemen organisasi.
5. Mendukung aktifitas pimpinan dalam mendisain, merencanakan dan melaksanakan serta engevaluasi pelaksanaan pengembangan bagi pegawai.
6. Memudahkan pimpinan untuk memantau produktifitas dan kinerja pegawai pada seluruh unit organisasi.
7. Memudahkan pimpinan untuk memantau jenjang prestasi pegawai pada seluruh unit organisasi.
8. Dan tujuan yang bersifat memudahkan mengolah data manajemen SDM lainnya.

Fungsi dari HRIS itu antara lain adalah sebagai berikut :
1. Perekrutan dan Penerimaan (Recruiting and Hiring)
SDM membantu menerima pegawai baru ke dalam perusahaan. SDM selalu mengikuti perkembangan terakhir dalam peraturan pemerintah yang mempengaruhi praktek kepegawaian dan menasehati manajemen untuk menentukan kebijakan yang sesuai.
2. Pendidikan dan Pelatihan
Selama periode kepegawaian seseorang, SDM dapat mengatur berbagai program pendidikan dan pelatihan yang diperlukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keahlian kerja pegawai.
3. Manajemen Data
Proses pengelolaan data sehingga dapat digunakan sebagai sumber (informasi/analisis) yang dapat dipercaya untuk perorangan/umum.
4. Penghentian dan Admistrasi Tunjangan
     Selama seseorang diperkerjakan oleh perusahaan mereka menerima paket tunjangan. Setelah penghentian, SDM mengurus program pensiun perusahaan bagi mantan pegawai yang berhak.
5. Perencanaan Karir (Career Planning)
Bertanggung jawab atas pengelolaan, perencanaan dan jenjang karir bagi seluruh anggota organisasi. Fungsi ini menjawab setiap pegawai memiliki jalur karir menurut tugas, tanggung jawab, dan kompetensi yang ia miliki.
6. Hubungan Karyawan (Employee Relations)
Berfungsi sebagai internal PR bagi setiap kebutuhan pegawai terhadap informasi, kebijakan dan peraturan perusahaan. Fungsi ini juga penting untuk menggali input-input dari pegawai mengenai berbagai aspek dalam organisasi.
7. Separation Management
Berfungsi untuk mengelola seluruh tindakan pemutusan hubungan kerja dalam organisasi.
8. Personnel Administration and HRIS
Biasa dikenal dengan Personalia atau Kepegawaian adalah fungsi yang mendukung terlaksananya fungsi HR dan  bertanggung jawab terhadap Employee Database, Payroll dan pembayaran benefit lainnya, pinjaman karyawan, absensi, pencatatan cuti tahunan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar